Outbound Sosialisasi di Jambi: Intermezzo Ala Intsiawati Ayus

Outbound Sosialisasi di Jambi: Intermezzo Ala Intsiawati Ayus

mpr.go.id–Jambi –  Riuhnya gelak tawa dan teriakan seratus orang mahasiswa untuk saling berebut menjawab pertanyaan bergema dari ballroom Rumah Kito Resort, Jambi, Sabtu (12/3) siang. Keriuhan tersebut bukan tanpa sebab. Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan metode Outbound yang dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 14 Maret 2016 itu tengah memasuki sesi pemaparan materi yang diisi oleh pemateri dari anggota MPR dan Kelompok DPD. Tampak jelas antusias tinggi peserta dalam mengikuti serangkaian acara tersebut.

Salah satu pemateri dari Kelompok DPD yaitu Intsiawati Ayus memaparkan nilai-nilai Empat Pilar dengan diselingi intermezzo dan candaan ringan khas anak muda, agar para peserta yang terdiri dari Mahasiswa se-Provinsi Jambi tersebut dapat memahami isi materi, bukan hanya dihapal.  Dan agar suasana siang hari yang rawan bosan dan kantuk tersebut berubah semangat.

Sebelumnya Intsiawati yang akrab disapa Iin tersebut tampak gemas ketika melihat para peserta Outbound ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkannya. Menurutnya, mahasiswa sebagai agen perubahan, haruslah berani bersuara. Tidak apa jawabannya berbeda, yang terpenting haruslah berani. Seperti semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika, seberapa banyak perbedaan yang kita miliki, Indonesia tidak akan terpecah. Meski di negara lain terjadi perpecahan karena disebabkan oleh berbagai macam perbedaan, namun Indonesia tetap satu, tetap utuh.

Sebelum menutup sesi pemaparan materi, Iin memotivasi para peserta untuk memiliki jiwa kompetitif demi melakukan perubahan.

“Kalian adalah mahasiswa ‘pilihan’. Orang pilihan itu terbiasa memiliki sikap kompetitif yang tinggi sehingga bisa menimbulkan motivasi dan inspirasi. Hal itulah yang dapat membuat perubahan,” ujarnya.

Rangkaian acara outbound sendiri akan berlanjut esok hari dengan acara utama berupa penanaman nilai-nilai empat pilar ke dalam sebuah permainan outbound di lapangan terbuka.