Resah Banjir di Pekanbaru, Intsiawati Bakal Undang Pihak Kementrian Terkait

Resah Banjir di Pekanbaru, Intsiawati Bakal Undang Pihak Kementrian Terkait

Intsiawati Ayus – Banjir yang melanda hampir seluruh bagian di Kota Pekanbaru selalu menjadi sorotan publik. Kondisi ini kian memperburuk wajah Ibu Kota Provinsi Riau di kala hujan turun, baik dengan intensitas tinggi maupun rendah.
Melihat situasi tersebut, Anggota DPD RI asal Riau, Intsiawati Ayus bakal menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan membawa pihak dari Kementerian terkait.
IA sapaan akrab Intsiawati Ayus, dalam waktu dekat telah menjadwalkan dilaksanakannya RDP terkait hal ini. Untuk kemudian mengusulkan kepada Kementerian terkait prihal meminimalkan jumlah titik rawan banjir di Kota Pekanbaru.
“Banjir di pekanbaru ditengarai karena selain curah hujan yang semakin banyak, kemudian tersumbatnya drainase, kurangnya jumlah sumur resapan, dan drainase utama yang tidak lagi mampu menampung debit air,” ungkap IA, Selasa (4/7/2017) via selular.
Menurutnya, saat ini posisi di tengah kota, perlu dipikirkan antara Pusat, Pemprov dan Pemko, bagaimana drainase utama yang melintas diantara perumahan warga dan ada pula yang terganggu karena pembangunan gedung besar, seperti hotel, mall dan lainnya.
Bukan itu saja, lanjut IA, sebenarnya Drainase di perumahan juga dapat diusulkan ke Kementerian terkait (seperti program Perumahan untuk masy berpenghasilan rendah) dengan syarat ada partisipasi swadaya masyarakat.
“Terlepas dari itu, sejatinya mengatasi persoalan banjir memang tugas dan tanggung jawab kepala Daerah. Namun kata dia, kepedulian terhadap penanganan banjir sejatinya melibatkan semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat itu sendiri,” tambahnya. (HalloRiau edisi 4 Juli 2017)

Leave a response