Menutup Outbound Sosialisasi di Jambi

Menutup Outbound Sosialisasi di Jambi

mpr.go.id–Jambi – Rangkaian acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI metode outbound yang digelar dari tanggal 11-14 Maret 2016 dengan 100 orang perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi se-Provinsi Jambi sebagai pesertanya, resmi ditutup oleh anggota MPR RI Intsiawati Ayus, Minggu (13/3).

Hadir dalam acara tersebut anggota MPR RI Emma Yohana, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, Kepala Biro Persidangan Muhammad Rizal, dan perwakilan dari Universitas Jambi dan IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Dalam sambutannya, Intsiawati berharap materi yang disampaikan narasumber baik melalui diskusi kasus maupun permainan outbound di lapangan  terbuka, bisa dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Banyak nilai yang terkandung dari materi yang telah diberikan, seperti misalnya saling menghormati dan menghargai sesama peserta, menghargai seorang pemimpin, kerjasama yang baik dalam penyelesaian masalah, saling pengertian dan memahami sesama anggota kelompok.”

Menurutnya nilai-nilai tersebut merupakan nilai-nilai yang tercermin dalam Pancasila yang merupakan dasar dan ideologi bangsa. Nilai-nilai Pancasila itu harus dikembangkan dan dijunjung tinggi karena merupakan nilai yang hidup dan bersifat universal.

Berdasarkan Pasal 5 huruf a dan b, Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 jo Undang-undang Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD,  dan DPRD,  MPR bertugas memasyarakatkan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Atas dasar itu, maka penyelenggaraan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI  dengan metode Outbound di kalangan mahasiswa se-Provinsi Jambi ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk sosialisasi agar para mahasiswa dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai dan norma luhur bangsa.

“Oleh karena itu, melalui forum ini, Pimpinan Majelis mengharapkan kepada para peserta sosialisasi untuk nantinya ikut menyebarluaskan dan menyosialisasikan materi Sosialisasi Empat Pilar baik di lingkungannya maupun kepada masyarakat,” pungkasnya.

Setelah melakukan ketok palu tiga kali sebagai tanda resminya acara ditutup, acara dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta secara simbolik oleh anggota MPR, Sekretaris Jenderal MPR RI, Kepala Biro Persidangan MPR RI dan perwakilan dari Universitas Jambi dan IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.